Pada Tulisan yang Begitu Singkat :)

Assalamu’alaikum

Saya Fira Amier, 22 Tahun, belum menikah, insomnia hingga pukul 05.09 waktu Indonesia Bagian Timur dan sedang frustasi karena satu dan lain hal.. 😀

Sebenarnya ingin mengisi blog ini hanya dengan tulisan “Kangen ngeblog dan ketemu teman-teman blogger” tapi biar gak dibilang blogger malas jadi saya cerita saja tentang puisi (hasil nyasar ke blognya mas benzbara )

Gak banyak tahu tentang puisi itu saya, itu mungkin bisa dipakai sebagai alasan mengapa nilai Bahasa Indonesia saya lebih rendah dibanding  Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman (ampun maluuuuu….) di ijasah SMA saya. Padahal nih ya waktu kecil sering disuruh baca puisi entah di depan kelas atau di depan orang banyak pas lomba, tapi semakin gede semakin saya susah mencintai hal yang satu itu. Meski dicekoki dengan segala puisi dari jaman Pujangga lama sama guru Sastra Indonesia pas di kelas tiga bahasa pun saya tetap sulit merangkai kata-kata menjadi sebuah puisi..

Gimana caranya bikin puisi?? Yang bagus kayak dibawah ini misalnya:

Pada Paragraf yang Begitu Singkat

 

: Lakshmi

pada paragraf yang begitu singkat, kau sempat menulis bekas luka. di sana kau dan aku dahulu dengan tabah menyusun huruf demi huruf sambil belajar membuat narasi yang bahagia. padahal akhir cerita tak bersahabat dengan waktu dan sisa rindu di sela kata terlalu lemah untuk patuh kepada airmatamu. tak ada jeda untuk kau tinggal di sini. biarkan aku membiarkanmu pergi

 

biarkan aku membiarkanmu pergi

 

pada paragraf yang begitu singkat ada ingatan yang berkarat. di sana aku dan kau terperangkap dalam kalimat pasif yang tak paham bagaimana cara menunggu. sedangkan cintamu telah luput di titik terdekat dan langkahku telah lumpuh di tanda tanya terjauh. tak ada celah untukku pergi dari sini. biarkan aku membiarkanmu kembali

 

biarkan aku membiarkanmu kembali

 

 Ada yang bersedia mengajarkan?  *basa-basi* :p :p

apa kabar teman-teman blogger….?? Saya kangennnnn 🙂 *ini gak basa-basi)

Smile 🙂

cr: puisi diatas diambil dari blog mas benzbara

29 thoughts on “Pada Tulisan yang Begitu Singkat :)

  1. dan diriku tak hanya tak bisa menulis puisi, tapi punya kesulitan juga memahaminya 😀

    jadi sebenarnya ini mau membiarkan kembali atau pergi?
    ah, biarlah. terserah dirinya saja 🙂

  2. biasanya puisi itu lebih enak kalo keluar dari hati. mungkin mesti banyak baca2 puisi atau karya sastra lain biar memperbanyak perbendaharaan kata. puisi itu seperti memindakan isi hati menjadi simbol yang lain. aku juga gak begitu hobi puisi sih, cuma kadang suka meratiin pas jaman sekolah dulu. di ekskul teater dulu suka ketemu hal2 berbau sastra begitu. kata si pelatih, puisi itu dibuat untuk mudah dipahami orang, walau suka pake kata2 yang abstrak dan kadang terkesan geje. :mrgreen: have fun writing and blogging! 🙂

  3. hey, Fiyy 😀
    long time no see ya…

    bahasa puisi diatas tingkat tinggi, agak susah memaknainya. kayaknya kamu harus belajar sama pujangga kayak Rangga di film AADC…hehehehe

  4. jgn berpikir susah…tuangkan saja isi hatimu sayang,,,saya suka puisi, tapi menerapkannya saya tdk dg teori yg kita pelajari sewaktu sekolah
    berpikir,menemukan tema,mengetik
    dg begitu tanganmu pasti akan menari sendiri di keyboard
    oh iya, bener tuh sarannya mas ilham..harus perbanyak baca kumpulan puisi
    biar kata2 yg kita buat ga monoton

    selamat mencoba 😉

  5. kalau aku nulis puisinya kalau terinspirasi dari apa gitu, gak bisa disuruh buat kalau aku gak merasa apa-apa.. hehehehe..

    ayooo.. kita bertemu lagi di ranah blogsphare 🙂

  6. ini mungkin bisa jadi contoh..

    “Berdiri di sini..
    seperti menginjakkan kaki tanpa alas..

    aku hanya berhasil memandang keindahanmu dari siluet bayangan yang tidak mudah untuk diartikan..

    kau seperti raga yang tak tersentuh alang tubuhmu
    aku hanya bisa menatap.. dan tak mampu menuturkan satupun kata ..

    aku jatuh cinta..
    entahlah…”

    Sekian…….

  7. Fiyaaaaaa kamu lamaaaa sekaliii baru update! 😀

    Bicara puisi, saya lemah sekali dalam hal bikin puisi dan memaknainya. Mau tahu saya bukin puisi kayak apa? Nih, baca ini. Mungkin kamu udah pernah baca. 😀

  8. lohaaa Fiii… iyah, dulu aku keknya sering banget mampir ke sini, dan sempet beberapa kali blognya dikunci *hiks*
    bukannya dulu kamu juga jago bikin puisi ya?

    welcome back Fi… aku juga lagi angot2an nulis nih.. (kok jadi curhat yak.. hihihihihi)

Leave a comment