FAM~

Assalamu’alaikum
Sekilas info tentang sayaa.. huhuhu.. Kemaren pagi jatoh di kamar mandi, awalnya cuma berasa sakit dikit, tapi pas malam ternyata banyak yang memar, paling susah kalo sholat, Berasa sakit banget pas duduk Tahiyat.. huhuhu.

BTW.. Ini Postingan bukan Tentang si GAMALIEL yang punya foto dibawah ini Yahhh.. Dibaca sampe habiss biar gak salah paham.. wkekekekeke🙂

GAMALIEL TAPIHERU

Btw, masih belasan hari lagi sebelum mudik ke Ambon. Beberapa saat yang lalu berkunjung ke blognya Nadia dan nemu postingan ini plus dengan BANGGAnya nyebut si GAMAL CAKEP keturunan AMBON dilihat dari nama belakangnya, Tapiheru (MAAF! menyebut dia lagii.. saya sedang jatuhhh cintaaa) . Jadi tergelitik pengen cerita soal pengalaman diri sendiri berkaitan dengan yang nama keluarga atau marga atau kalau disebut orang Ambon, FAM..

Pada umumnya, orang Maluku memiliki Fam termasuk tentunya saya. Fam menjadi ciri khas seseorang dimana dari situ biasanya kita akan menebak orang tersebut berasal dari wilayah Maluku yang mana karena Fam juga identik dengan suatu daerah. Misalnya, orang dari Kabupaten Seram Bagian Timur rata-rata memiliki nama Keluarga seperti Rumalutur, Kilwouw, Kilkoda.. Sedangkan nama keluarga seperti WALIULU, SILLOUW biasanya berasal dari salah satu desa di wilayah Seram Bagian Barat, Maluku. Fam juga menjadi semacam identitasnya orang Maluku diluar daerah. Khusus untuk anak mahasiswa seperti saya, kalau punya Fam, sesama anak Ambon akan lebih mudah mengenali.  (Menurut saya lohhhh yaaa)

Marga Ambon merujuk kepada nama keluarga atau marga yang dipakai di belakang nama depan masyarakat Ambon/Maluku. Nama-nama marga di sini belum mencakup seluruh nama-nama marga Maluku Utara maupun Maluku Tenggara. Di Indonesia Timur nama marga biasa juga disebut fam, yang menunjukkan pengaruh dari bahasa Belanda. Kata fam berasal dari kata familienaam yang berarti “nama keluarga”. Marga Ambon diambil dari nama keluarga yang digunakan oleh ayah. Nama anak dari sebuah keluarga akan ditambahkan nama keluarga sang ayah di belakangnya. Dari nama-nama marga Ambon ini, dapat dilihat pengaruh Portugis , Belanda, Jazirah Arab ,  Spanyol dan Bahasa-bahasa asli Maluku khususnya, yang menunjukkan besarnya pengaruh bangsa-bangsa itu di wilayah ini.

Kalau mendengar SALAMPESSY, MARASABESSY, OHORELA, LATUCONSINA, SANGADJI, NOYA, WALIULU, SILLOUW, KILWOUW, RUMALUTUR, PAPILAYA, TAHITU, TAPIHERU, BAHASOAN, HEHANUSA, NAHUMURY, GOESLAW dll, saya pasti bisa langsung tahu orang tersebut memiliki darah Maluku dan berasal dari wilayah Maluku sebelah mana.

Saya sendiri Fam-nya apa? Amier.. Hahahah.. Itu nama papi ding.. Karena satu dan lain hal, papi tidak memberi nama keluarganya kepada isteri dan anak-anaknya, termasuk saya. Sebenernya Fam saya ada diantara salah satu yang saya sebutkan diatas itu, tapi yang mana tepatnyaaa.. RAHASIAAA.. Weeeeekksss.. Heheheh.. (kayak ada yang mo tau aja, Fiy)

Tidak menggunakan Fam membuat saya pribadi merasa susah dikenali sebagai orang Ambon. Bahkan di Ambon sendiripun, dulu pas Jaman sekolah, saya sering dikira pendatang dari Jawa atau Makassar. Di Ambon aja begitu apalagi diluar Ambon. Pas awal-awal kuliah. Salah seorang dosen pernah menanyakan kota asal saya, ketika menyebut Ambon, beliau gak percaya. Selain ciri fisik yang gak nampak, beliau juga tidak menemukan nama keluarga pada nama saya seperti kebanyakan orang Ambon. Bahkan, seorang teman dari Maluku, baru tahu saya teman sedaerahnya setelah sekitar 5 semester kuliah. Alasannya sama kayak yang dibilang dosen saya.. haduhhh..

Pernah suatu hari saya nanya ke papi soal Fam ini, jawabannya papi singkat, padat dan jelas:

“Fam-nya susah, kasihan orang yang nulis dan nyebutin” ( Jiyaaaahhh.. Gubraaaakk.. Si papi mah ada-ada sajaaa..)

Eh ehhh.. Pada punya Fam gak?? Hehehehe

SENYUM.. SEMANGAAATTTT🙂

(S ebagian tulisan ini bersumber dari: Wikipedia )

81 thoughts on “FAM~

  1. Again ??

    huh

    (om trainer buang muka lagi …)
    (sirik tanda tak muda )

    salam saya Fiya

    ——-

    hihi…

    ini kan cuman ngungkit dia dikit omm cakep🙂

  2. ciee..kayanya lu tambah ngafans nih sama gamaliel, satu suku😆
    dia kemaren ada disctv tuh fi…

    ———–

    yupyuppp
    di HARMONI kan?

    sukaaaaaa

  3. orang ambon rata-rata manis..
    dan suaranya bagus..bagus..
    aku juga suka sama gamael..
    keren..
    skilas mrip ferdy nurill…🙂

    —–

    temen kosku juga bilang dia mirip Fedi Nuril mbak🙂

  4. Pamannya Ipung menikah dengan wanita Ambon dan beliau sekarang menetap disana. Sudah beranak-cucu.Suami anak-anaknya Oom menikah dengan pria/wanita Ambon juga.

    Saya, selaku orang Jawa Timur tak punya nama Fam karena memang tidak ada Fam. Akhirnya, jika ada isian First name dan last name maka Cholik menjadi ast name saya. Ini terlihat di paspor.

    Salam hangat hangat dari Pakde Cholik di Surabaya

    ———-

    iaahh Pak De
    Orang Jawa kan gak punya Fam🙂
    wahh si OOm tinggal dmna tuh pak De?

  5. Argh pas pertama dengar kata FAM kirain itu tdi sejenis Makanan / Aksesoris khas maluku ternyata tidak, oia kalo gitu melly goeslaw org maluku yo Fiy??
    Saya nebak aja FAM nya fiya, Sillouw ya? Hehe

    —-

    wah salahhh tebakannya🙂

  6. ..
    Owh fam itu kaya’ marga di batak ya..
    ..
    Fam-ku Lestiant, coba tebak dr daerah mana..?😀
    ..

    ——-
    Yupyup
    kayak yang di Batak itu. Persis

    Lestiant?
    emang dari Ambon?
    whehehehe

  7. orang ambon banyakan pinter nyanyiii😀

    *fiya ganti cat ya rumahx ??
    berasa kek mati lampu😦

    ———

    kayak Mati lampu?
    hihih..
    tapi catna baru diganti mbak.. sayang duit.. hihi

    wahh
    berarti saya juga pinter nyanyi dungs.. hihi

  8. orang sunda cenderung enggak memberikan nama keluarga😦 … apa lagi semacam FAM … saya sudah janji sama diri sendiri akan memberikan nama keluarga bapak saya (yaitu ABBAS) untuk anak-anak saya…. biar nanti “ooo itu keluarga ABBAS”:mrgreen:

    bingung juga sewaktu sekolah di sekolah Internasional ditanya nama keluarga …nama saya rangga aditya, masak nama keluarga aditya?:mrgreen: ngejelasin kalau di Indonesia banyak yang enggak memakai nama keluarga juga ribet … akhirnya babeh saya di panggil mr. Aditya😆 … biarin ah…

  9. Pengen deh punya marga, kayanya seru kalo ketemu orang tak dikenal yang bermarga sama🙂
    Nama belakang Papaku cuma ‘diwariskan’ sama kakak laki-laki, dengan alasan toh nantinya kami yang perempuan akan ikut marga suami, hehe…😀

  10. Saya punya kenalan masuk Fam Papilaya… eh kesebut di atas. Hahaha…

    Kalo saya nggak punya. Saya asli Jawa tapinya malah dikira orang Flores gara2 namanya Lambertus. Huh…

    Oh iya, gambar yang ada di atas tuh hapus aja Fiya… ga ada hubungannya ma tulisannya… *siap-siap ngacir*

  11. emang fam kamu apa fiy?? salampessy ya? jadi inget pemain bola.🙂

    di sunda ada ngga ya? perasaan ada juga. tapi kurang begitu populer.

    saya mah mu bikin fam sendiri aja deh, boleh ga ya? Fam hanafi.😀

    • kalo orang sunda mah gak ada marganya Den, tapi namanya berciri bgt karena suka diulang-ulang…
      misalnya ; didin saprudin, maman abdurahman, titin prihatin, atau deden balado?? heleh..😛

  12. saya ada marganya… dari bapak,marganya Yap, hehe U no Lah, ai olang mana,,, heheheh….

    tapi gak pernah dipake juga deh, lebih nyaman pake nama pribumi, heheheh…

    • Heiiiiiii
      Panggel sapa?
      Parker? Hehehe..
      Di Surabaya?
      Biking apa?
      Kuliah kahhh?
      Kok bisa kesasar disini abang?
      Salam kenalllll jugaaa eeeeee
      dari Firaaa.. Orang BTN Kanawa.. TaU Ka zn?
      🙂

  13. Uhoo~~ Uhoo~~ Fam? Baru nih, ternyata berasal dari Holland, ya. Masih ada darah Belandanya sih, tapi ga kepake buat fam. Kalo keluarga Ayas sih ga pake fam, secara orang Madura ga terkenal pake nama marga.🙂 Salam kenal deh kalo gitu! ^^

    ———–

    Hehehehe
    salam kenal jugaa yaa

  14. saya gak punya nama Fam

    setahu saya di Indonesia yang nama fam daerah yang populer yaitu : marga batak dan Maluku.
    bener gak, fiy ??

    ————-

    kayakna sih gitu mas aDy

  15. Pingback: Anak SMP « Try 2B cool 'n smart…

  16. ^_^ adek sepupuku juga punya FAM, tapi dy dari batak makin menambah daftar panjang namanya. bayangin aj… Grahita Laksmi laksita Pulungan… hihihi… panjang ya, tapi klo aq sih emang nggak ada mbak,,, jawa asli soalnya….

  17. kirain mbak fiya tadi itu cowok hi..hi..untung baca sampai akhir, jadi ngeh deh ceritanya🙂
    Di jepang juga selalu dipermasalahkan tuh nama keluarga, karena rata-rata orang Indonesia kan gak punya nama keluarga, jadilah klo berurusan administrasi mesti menjelaskan kalo fety gak punya nama keluarga🙂

  18. Maaf yach aku gak pandai merangkai kata, jadi langsung saja.
    Loewyi Sekeluarga mengucapkan….

    Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1431H.
    Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙂

  19. .haha.. bnr papimu, sulit nyebutin fam.na hahaha😀

    .Oy, med lebaran sist,
    .mohon maaf lahir batin ya
    .smg kedepannya bs lbh baik.. amin🙂

  20. fiy, orang flores juga punya FAM loh,
    dulu begitu tahu aku dari flores, banyak yang nanya FAM ku apa..
    dan aku cuman bengong *mangap* , karena aku gak tahu FAM ku apa…
    karena babeh juga gak pake FAM😦

  21. Haaahh.. akhirnya selesai juga baca postingannya!

    Saya bacanya ga fokus nih gara2 ada fotonya gamaliel! hahaha..😆

    lalu tentang FAM yang dibahas, keren2 ya nama marga Ambon! bisa pake ga kalo ga ada darah ambon sama sekali?:mrgreen:

  22. itu si gamaliel kok ganteng banget ya, tahi lalat nya itu loh???
    hahahahahah…………

    fam nya org ambon bagus2 ya kyk SALAMPESSY, MARASABESSY, jadi susah nyebutinnya🙂

  23. Fiy, ketiduran terus ni anak di Kebun Cengkeh =))

    hoy hoy bangun hoy.. updet blog lagi lah..😀

    *menanti postingan pariwisata Maluku*

    kan sdah sering jalan ama Ca Ita kan ahahahah

  24. Semua orang kalo baca CV ku juga bingung kenapa kok aku kelahiran Ambon, padahal juga sebenarnya juga numpang lahir doang hahaha

    Salam kenal ya😀

  25. aku juga suka sama Gamaaaaal… lucuuuu… *jadi berasa tante2 suka sama berondong*😀

    kalo soal fam, karena bokap dari Jawa jadi ga ada fam2an… hehehe

  26. hahaha,,,,,,,qu bangga bisa lahir d pulau rempauh2 maluku,,,,
    tapi sayang qu ga puxa marga, wkwkwk,,,,,,, pengen skli puxa marga
    biar gampang d kenal ama orang.
    gara2 ga puxa marga ada satu dosen d bandung naxain qu orang pa,trus qu blang qu orang ambon, eh,,mala dosen xa bilang, eh,,,u kok ga ada mirip bangat ama orang ambon. wkwkwkwk……

Leave a Reply

