KKN hari berikutnya…

Sudah sampai hari ini, hari ke-12 mengabdi pada masyarakat (duh bahasanyaaa). MELELAHKAN tapi MENYENANGKAN, dua kata yang sepertinya mampu mewakili kesan melewati dua belas hari KKN. Emang sih, dibandingkan delapan orang temen gw yang laen, gw doang yang udah bebas teori alias gak ada kegiatan perkuliahan lagi. Tapiiiiii, gw juga sama capeknya kok kayak mereka yang kegiatannnya double.

well eniwei, ada banyak banged pengalaman seru selama KKN gw yang udah nyampe hari ke-12 ini. Pas idul adha tanggal 27 November kemaren, gw sama anak-anak KKN ikutan bantu panitia desa buat mengelola hewan kurban. Nggak tanggung-tanggung cewek ataupun cowok sama-sama ngerasain yang namanya ngurusin perihal daging sapi dari daging ampe tulang. Secara kegitannya berhubungan dengan darah dan kotor-kotoran itu, sempet-sempetnya gw sama Dinda (salah satu anak KKN) salah kostum. Dinda tampil cantik dengan dandanan rapi, gw sendiri rapi dengan kemeja, eh ternyata kita malah kotor-kotoran. Baju deh yang jadi korban. kegiatan mengelola daging kurban warga desa berakhir sekitar pukul 14.30 (mulainya sih sekitar pukul 08.00 gituuu), terbilang cepet menurut warga karena tahun sebelumnya lebih lama dari kali ini (mmmm, gara-gara bantuan anak KKN kaliii yaaaaa… iHIHIHIHIHIHI…..). Senenglah pas daging terakhir masuk ke kantung kurban, sambil hip-hip hura kitanya pamit pulang sama warga, eh dikasihhhh daging sapiiiii….. jadilah hari itu hari makan daging bersama..

Namanya juga kerja untuk warga, mahasiswa KKN itu sejak diterjunkan ke tempat KKN oleh kampus, udah siap dengan beragam program yang nantinya akan direalisasikan di tempat KKN. Program-programnya tentu saja untuk kepentingan warga masyarkat yang udah berkenan menerima kami itu. Nah khusus untuk kelompok KKN gw, kami ada salah satu program pembuatan KTP, akta kelahiran dan akta kematian secara massal. yang kayak gini nih, ngeharusin kami mahasiswa KKN berurusan dengan kantor catatan sipil kabupaten, karena tempat KKN gw masuk wilayah kabupaten X, Yogyakarta, jadilah saban hari gw ama temen-temen mantengin bapak-bapak di kantor catatan sipil kabupaten X. Ngecengin bapak-bapak di catatan sipil jadi tantangan tersendiri buat gw sama Irvan (Salah satu anak KKN jugaaaa), WHY? SIMPLY BECAUSE, kita berdua sama-sama gak bisa bahasa Jawa. Padahal, kebanyakan penjelasan bapak-bapak itu dihaturkan dengan bahasa Jawa. Hasilnya? kami sempat salah informasi soal pembuatan akta kelahiran. Ada satu lagi kejadian lucu berhubungan dengan bapak-bapak kantor catatan sipil ini. Pas hari senin kemaren gw kesana, gw ditugasin Irvan buat nanya ke bapaknya soal akte kelahiran. Pede banget, gw masuk sendiri ke kantor bapaknya, yang gw deketin otomatis bapak setengan botak yang udah gw kenal. Awalnya sih bapaknya ngomong pake bahasa Indonesia, tapi makin ketengaH dan sepertinya makin masuk ke bagian inti, gw cuma bisa nggangguk bego. Percakapan terkhir kami kemudian berbunyi seperti ini:

Bapak catatan sipil : Piye? wes Ngerti toh mbak?
Fiya (dengan tampang paling begooo) : Nggak pak.. bisa diulang
lagi pake Bahasa Indonesia
gak? HEE
Bapak catatan sipil : …………(MANYUuuun)

Hmmm, gara-gara insiden ini (aih aih,,,), gw jadi pengen lancar bahasa Jawa. Habis KKN, kursus bahasa Jawa aaaahhh.. hehehehe..

Nyanyi dulu ah…..

Ning stasiun balapan
Kuto solo sing dadi kenangan
Kowe karo aku
Naliko ngeterke lungamu
(didi kempot-stasiunbalapan)

hihihihihi
selalu semangat dan senyum yaaa.. ^_^

8 thoughts on “KKN hari berikutnya…

  1. hahaha.. kasihan, lagian Bapaknya itu harusnya memang berbahasa persatuan, bahasa Indonesia🙂

    dulu aku lebih milih KKU , u nya usaha, yang tidak ke luar daerah.. jadi di kotanya kampus aja, males jauh-jauh..🙂

  2. lelah sih pasti ya… tapi menyenangkan pasti lebih banyak. banyak hal yang jadi bisa diceritain dengan seru, bahkan hal2 yang konyol atau bikin masygul sekalipun. semangat ya…

    **link nya udah dipasang say.. makasih udah berkunjung ya…

Leave a Reply

