Hari pertama KKN

KKN gokil

OhmyGod……..

Hari ini badan gw beneran remuk. Ohyeah, hari ini hari pertama gw menunaikan salah satu prasYarat kampus biar gw bisa lulus kuliah, KKN. kalo balik ke masa agak lalu, sebenarnya gw lebih prefer buat MAGANG daripada KKN, secara lebih dekat dan lebih nyata ke dunia kerja gitu, sekalian biar bisa buka link juga buat masa depan. Tapi di menit-menit akhir, I changed my mind. I prefer KKN to MAGANG. Alasannya simple, semester ini gw ngambil KKN bareng sama SKRIPSI, kalo ngambil magang laporannya kudu diselesain sendiri padahal tebelnya udah kayak skripsi gitu, nanti bisa-bisa skripsi gw keteteran. Tapi kalo KKN, laporannya dikerjain bareng-bareng jadi gw bisa agak lebih aman (pemebelaan diri orang males.. hihihihi)

Dulu, buat gw KKN gak ada gunanya (kayaknya sih…) terutama buat anak Komunikasi kayak gw. Pikir gw, “Mau ngerjain apa disana? palingan juga gampang-gampang aja, gak da tantangannya, gak guna buat gw kalo kerja nanti”, pikir gw juga ” Gak ada deket-deketnya sama dunia kerja”. Tapi setelah ngejalanin sekitar sebulan persiapan yang meliputi observasi, sosialisasi dengan warga tempat gw KKN, dsb. Well, gw rubah pendapat gw itu.

KKN itu justru sarana paling pas buat gw belajar ngadepin dunia kerja, disana gw nemu bergam karakter manusia yang well, jauh lebih sulit dihadapi daripada yang gw bayangin sebelumnya. Kemampuan gw sebagai anak Komunikasi justru diasah disini, gimana caranya gw bisa berkomunikasi dengan beragam tipe orang, yang gak semuanya bisa dengan mudah mengerti apa yang kita sampaikan. Kalo mungkin di magang, gw cuma nemu orang-orang yang udah handal, orang=orang yang cerdas, di KKN, gw nemu beragam karakter, nemu orang-orang dengan tingkatan kemampuan yang berbeda. Dan itu TANTANGAN yang jauh lebih sulit ditaklukkan. Sejak hari pertama berbaur sama masyarakat desa tempat gw KKN, gw ngerasa semua tehnik berkomunikasi yang gw pelajari di kelas, kepake! dari yang cara berkomunikasi di depan orang banyak, gimana ngadepin orang lewat komunikasi interpersonal sampe masalah komunikasi lintas budaya. Secara gw kan orang Ambon, gw rada repot waktu harus berhadapan dneganb masyarakat yang gak bisa bahasa Indonesia, iso ne ngomong Jowo tok. Tapi itu tantangan, and I’m glad I did it well, walaupun maksa ngomong Jawa kepatah-patah. Hmm, KKN juga asik dan berguna kok ternyata. Lebih dekat sama tantangan hidup malahan.

Hmmm, Today is a real busy day. Mungkin karena lama juga gw gak beraktivitas sepadat ini, gw jadi remuk sepulangnya dari KKN. But, u know what? I REALLY LOVE TODAY!!! KKN hari pertama yang berkesan karena gw jadi kenal lebih lebih baik delapan orang rekan se-TIM untuk KKN ini, they made everythings easy to handle. Apalagi hari pertama cukup NARSIS buat kami semua. Tertawa lepas, nikmatin kelelahan, ngadepin segala masalah yang muncul di lapangan sama-sama, well, A GOOD BEGINNING.. Masih ada 39 hari kedepan, masih ada tantangan yang lebih nakutin, masih jelas kelelahan yang menanti, tapi gw HARAP, selepas 40 hari ini gw dapet sesuatu yang berguna, gw bisa ngasih sesuatu yang berguna juga buat masyarakat desa tempat gw KKN, dan yang pasti gw gak kehilangan teman-teman yang baru gw dapetin ini..

ALWAYS SMILE FIYA! FIGHTING!

13 thoughts on “Hari pertama KKN

  1. PEMBUKAAN
    mbak Fiya
    selamat pagi. saya datang lagi.
    ISI
    kayaknya asyik juga tuh, apalagi ngomong karo wong jowo. hehe
    saya baru semester2 awal nih, belom kepikiran kegiatan beginian.
    semoga kegiatan KKN-nya bisa sukses dan berguna mbak
    PENUTUP
    terima kasih dan mohon maaf😮

  2. haha, KKN emang seru.😀
    walau sayah cuman 1 bulan bersama teman KKN, tapi itu merupakan pengalam yang paling menyenangkan, waktu sayah sakit juga temen” KKN yang ngerwatin, duh jadi ngerepotin mereka sayah mah🙂
    ______________
    selamat Hari Ibu

Leave a Reply

